profil tokoh dunia hitler

PROFIL TOKOH DUNIA ADOLF HITLER

Ada dua hal yang kita kenang jika kta mengingat dan membicarakan sosok Adolf Hitler, yaitu The Third Reich (Kekaisaran Ketiga) yang akan bertahan selama seribu tahun, dan kamar – kamar gas tempat ia membasmi enam juta bangsa Yahudi. Adolf Hitler adalah kutukan bagi umat manusia, khususnya pada dekade 30an hingga 40an ketika ia menciptakan terror bagi umat manusia di belahan bumi bagian barat.

Hitler lahir pada tanggal 20 april 1889 pada pukul 18.30 di Branau, sebagai anak keempat dari keluarga berkecukupan dan masa kecil yang menyenangkan, tapi itu sampai tahun 1903. Karena pada tahun tersebut sang ayah yang bernama Alois Schiklgruber, yang bekerja sebagai pegawai, meninggal dunia. Setelah itu ia lebih banyak bermain perang – perangan dan bermimpi, tidak berprestasi di sekolah, dan bahkan keluar dari sekolah pada 1905. Pada saat itu mungkin tidak ada yang memikirkan bahwa Hitler akan menjadi penguasa Jerman kelak.

Hitler sangat ingin menjadi seniman, tetapi ia tidak lulus ujian ke akademik seni Wina pada Oktober 1907. Di Wina, ia menjadi seorang gelandangan yang kadang – kadang menonton opera dengan uang sisa dari ibunya. Hitler benar – benar menjadi sampah masyarakat pada saat itu. Tetapi saat ia menjadi gelandangan dan bermukim di penampungan gelandangan, ia berkenalan dengan ide – ide politik yang mensuperioritaskan bangsa Arya dari Lanz von Liebenfels.

Saat perang Dunia I meletus Hitler sempat menjadi relawan perang untuk Jerman. Saat perang usai ia terpilih menjadi juru bicara politik untuk kantor local tentara. Kemampuannya berpidato dan beretorika inilah yang membuatnya menjabat sebagai pengawas politik di Munich. Jabatannya ini membuat Hitler berhubungan dengan Partai Pekerja Jerman(yang nantinya berubah menjadi Partai Nazi). Sukses sebagai juru bicara dan penggalang dana partai, Hitler segera mendominasi Partai Nazi dan mendapat penghormatan menjadi Fuhrer (pemimpin tertinggi) pada 29 Juli 1921.

Kekalahan Jerman dalam Perang dunia I dan kemerosotan ekonomi membuat Hitler berkeyakinan bahwa yang bisa memajukan Jerman kembali adalah kediktatoran dan akan memulai revolusi secepatnya. Pada 8 November 1923 Hitler dengan 600 pasukannya bergerak, menyandera kepala pemerintahan provinsi Bavaria, Gustav Von Kahr, dan mendeklarasikan susunan pemerintahan yang baru. Tetapi itu semua dapat digagalkan oleh polisi dan Hitler pun ditangkap dengan 5 tahun penjara.

Selama dalam penjara, Hitler menulis jilid pertama Mein Kampf dan melanjutkan jilid kedua saat ia keluar dari penjara. Buku ini memuat ide – ide Hitler yang menyatakan sejarah merupakan pertarungan antara ras – ras umat manusia dan bangsa Aryalah pusatnya. Dan yang utama adalah pemikirannya bahwa Jerman membutuhkan sejumlah besar wilayah untuk ditaklukan.

Sekeluar dari penjara Hitler kembali menguasai Nazi. Antara 1925 – 1930 Hitler membangun jaringan organisasi local partai di seluruh Jerman. Pada masa itu juga berdirinya pasukan hitam yang legendaries, yaitu SS(schutzstaffel). Belajar dari kegagalan sebelmnya, Hitler memilih jalur demokratis untuk meraih kekuasaan. Dan Nazi pun mendapat suara terbanyak dan menjadikan Adolf Hitler sebagai Kanselir Jerman yang baru pada tanggan 30 Januari 1933. segera ia mengkonsolidasi kekuatan dengan memasukkan para loyalis Nazi untuk menjabat di posisi – posisi penting pemerintahan. Dan dalam system pendidikan, Hitler juga mewajibkan pembelajaran pemikiran Nazi ke setiap murid – murid. Kebijakan – kebijakan ini membuat Ras arya sebagai ras unggul dan membasmi bangsa Yahudi. Mula – mula pemuda Yahudi tidak boleh kuliah di universitas dan menghalangi orang – orang Yahudi menduduki kursi pemerintahan. Pada tahun berikutnya kewarganegaraan mereka dicabut, dilarang bekerja, dan sangat diintimidasi. Puncaknya pada 9 November 1938 saat Nazi melakukan pembantaian bangsa Yahudi.

Sejak 1933 Hitler memulai proses militerisasi Jerman yang akhirnya memicu PDII. Rencana penyerangan Hitler terdiri dari empat perang. Pertama Cekoslowakia, kedua Inggris dan Perancis, ketiga Uni Soviet, keempat AS. Walaupun Hitler sangat percaya diri akan kekuatan militer Jerman yang telah dipersiapkan sejak 1930-an, namun ia juga melakuakan aliansi dengan dictator Italia, Benito Musollini yang Fasisime dan juga bekerjasama dengan Jepang sebagai mitra dalam poros ROMA-BERLIN-TOKYO.

Perang Dunia II akhirnya meletus dengan pendudukan Jerman di Polandia pada 1939. Pada 1940 giliran Norwegia, Belanda, Belgia dan Perancis yang takluk. Namun perang berkepanjangan itu menguras tenaga Jerman. Rencana penaklukan Inggris dan Uni Soviet pun menjadi gagal, dan serangan sekutu pada 1944 dengan Red Armynya menandai akhir kisah Adolf Hitler untuk menaklukan dunia. Sebelum meninggal Hitler sempat menikahi Eva Braun di bunker (tempat Hitler berlindung dari serangan sekutu) dan setelah itu Hitler mengakhiri hidupnya dengan melakukan bunuh diri pada 30 April 1945.

“perang ini adalah salah satu dari pelbagi konflik mendasar yang akan mengantar ke millennium baru dan yang akan mengguncang dunia” …… (Adolf Hitler)…….

Leave a comment